Proses rekrutmen saat itu berlangsung cukup lama, hampir 2 bulan setelah melewati masa interview, psikotest, membuat video perkenalan diri dan medical checkup akhirnya tibalah saatnya untuk tandatangan kontrak kerja. Setelah mendapatkan izin dari orang tua akhirnya saya memutuskan untuk bergabung dengan AXA Mandiri. Dari berbagai daerah di seluruh Indonesia kami berkumpul untuk menjalani masa training selama 3 minggu di Jakarta.  Ijazah terakhir ditahan dan status kami saat itu adalah Calon Financial Advisor (CFA). Dalam proses training ada sistem eliminasi, jika peserta tidak lulus salah satu dari ketiga ujian yaitu ujian knowledge product (pemahaman tentang produk asuransi), ujian akreditasi (simulasi Financial Advisor ketika menawarkan asuransi kepada nasabah) dan ujian AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia : ujian dalam bentuk pilihan ganda) maka kontrak kerja dibatalkan, peserta dinyatakan gagal dan akan dipulangkan ke daerah asal. Dengan segenap kemampuan kami berusaha untuk bisa lulus dan menjalani semua proses training hingga selesai.

Selama masa training kami tinggal di Wisma Bank Dagang Negara (BDN) yang terletak di Jalan Slamet Riadi kawasan Matraman – Jatinegara, meskipun banyak cerita yang mengatakan bahwa tempat training tersebut angker namun kami tidak pernah mendapatkan pengalaman yang buruk selama tinggal di wisma. Training dilakukan di beberapa tempat yang berbeda, untuk menuju tempat training kami membentuk beberapa kelompok dan menyewa sebuah metro mini dengan membayar 10 ribu per orang (utk pulang pergi). Selama masa training kami mendapatkan makan siang gratis serta coffe break 2 kali pada pagi dan sore hari, untuk sarapan pagi dan makan malam tidak di tanggung oleh panitia. Wisma menyediakan fasilitas laundry dengan biaya 10 ribu per kilo, untuk menghemat uang tak jarang kami mencuci pakaian sendiri.

Diakhir masa training kami mendapatkan baju seragam kerja, ID card dan dua buah sertifikat Bancassurance Academy dan sertifikat AAJI kemudian pulang ke kota masing-masing untuk penempatan di cabang Bank Mandiri ataupun Bank Syariah Mandiri. Training berakhir dan perjuangan sesungguhnya baru saja dimulai, kami memasuki dunia kerja dimana semua yang diajarkan pada masa training sungguh jauh berbeda dari kenyataan dilapangan, menangis pun tidak akan ada gunanya lagi. Hanya ada dua pilihan, survive (bertahan) atau surrender (menyerah), namun pilihan menyerah bukan tanpa konsekuensi, menyerah sebelum masa kontrak berakhir akan dikenakan penalti dengan mengganti biaya training sebesar USD 1000

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

(OPPSS!!! KOMENTAR SAAT INI TELAH DITUTUP, HARAP BACA SEMUA KOMENTAR MASUK DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI TAMBAHAN)

> HAPUS BLOG <

64 Responses to “Training Financial Advisor”


  1. 1 syukri Mei 30, 2012 pukul 4:53 am

    Selama training, peserta training bisa dikunjungi ga? ato malam harinya bisa keluar ga?

  2. 3 maman Juni 20, 2012 pukul 4:47 pm

    Boleh tidak ya aku nanya langsung lewat phone mas? Aku mau tanya2 lebih jauh tentang FA soalnya aku mau ngelamar job ini tapi agak bingung , ini phone numb aku kalau berkenan dan ada waktu tlg miscall yah 085643769887

    • 4 axafa Juni 21, 2012 pukul 5:38 pm

      Baca blog ini terlebih dahulu hingga selesai, jika ingin bertanya silahkan melalui kolom komentar, saya akan menjawabnya berdasarkan apa yang saya tahu dan berdasarkan pengalaman saya, terima kasih :)

  3. 5 muslihar Juli 20, 2012 pukul 3:25 pm

    kalo udah kerja di satu perusahaan asuransi boleh gak yah kerja lagi di perusahaan asuransi lain,tapi jatuhnya bukan agen…???

  4. 7 zul Juli 20, 2012 pukul 4:58 pm

    terima kasih atas infonya, dan sya mau bertanya seorang financial advisor mempunyai target,trus kenapa kerjanya menawarkan produk hanya di kantor kalau kerjanya target? kenapa gak jadi agen saja…

    • 8 axafa Juli 22, 2012 pukul 6:01 am

      Boleh saja jika ingin menawarkan produk diluar kantor, tentunya hal ini adalah pilihan bagi FA. AXA Mandiri menempatkan FA di kantor cabang bank mandiri ataupun bank syariah mandiri agar FA dapat menjaring nasabah bank yang lebih potensial, FA bisa tahu nasabah berduit atau tidak dari staff cabang seperti CS ataupun Teller.

      Jika ada FA yang ingin menawarkan asuransi diluar bank tentunya hal ini lebih baik. Tidak ada larangan bagi FA untuk mencari nasabah diluar cabang, asalkan closing.

  5. 9 velz Juli 23, 2012 pukul 5:39 am

    jadi pengen kenalan.. kebetulan gw FA batch 103.. dan merasakan hal yang sama.. boleh mnta alamat ym/pin bbm?

      • 11 velz Juli 27, 2012 pukul 3:18 am

        Semua yang penulis jelaskan di blog ini benar-benar sama dengan kenyataan yang sebenarnya. Two tumbs Up buat penulis yang mau meluangkan waktu,tenaga,pikiran untuk mengupas habis tentang seorang FA supaya untuk CFA-CFA berikutnya dapat memikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk terjun kedunia ini.

      • 12 axafa Juli 27, 2012 pukul 5:13 pm

        Itulah tujuan saya, saya rela meluangkan waktu agar orang lain mendapatkan manfaat & informasi yang cukup tentang pekerjaan FA itu seperti apa. Karena saya dulu sempat merasakan, ketika mendapatkan tawaran kerja sebagai FA, minim sekali informasi yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut sehingga saya hanya mendapatkan sedikit informasi dari RSM yang dulu merekrut saya. Nyatanya, banyak hal yang baru saya ketahui setelah terjun berkarir sebagai FA.

  6. 13 Andi Juli 29, 2012 pukul 3:46 pm

    Thx infonya, lengkap

  7. 15 rahadian Agustus 1, 2012 pukul 11:42 am

    berapa sih gaji sebagai FA ???

  8. 19 neny sumanti Agustus 4, 2012 pukul 10:01 pm

    mending cari pekerjaan lain aja … tapi kalau belum pernah ke jakarta bisa tuh ikut axa.. kan tiket gratis pulang pergi plus makan siang

  9. 20 oz Agustus 14, 2012 pukul 6:00 am

    Kalau sama swat 28 apakah sama?

  10. 21 oz Agustus 14, 2012 pukul 6:04 am

    Apakah seperti itu ada gaji bulanan? Atau gaji yg didapat adalah bonus dr polis

  11. 23 yara Agustus 16, 2012 pukul 10:02 am

    kalau memilih keluar dari axa dikenakan finalty, .
    seandainya finalty sudah dibayarkan, ijazah pasti di kembalikan ?

  12. 25 bopeng September 1, 2012 pukul 3:05 pm

    saya di tawarkan kerja sebagai fa axa mandiri, katanya nanti berkas2nya dikirimkan ke dya, nanti disampaikan ke bosnya,, pertanyaan saya apakah nantinya juga akan mendaptkan training fa yang mendapat sertifikat2 yang udah disebutkan di atas ??

  13. 27 boyo September 9, 2012 pukul 11:35 am

    Jabatan di AXA sebagai SS itu apa sih ?kt tmn kerja nya cm input data” region tertentu ? klo bs jelasin kerja nya ngapain aja .. hehe .. untuk jenjang karir nya sama nasib nya apa ga seperti FA …mohon informasinya yah gan ..

  14. 29 bagus September 10, 2012 pukul 1:39 am

    saya mw tanya keluarga saya ada yang mw training di jakarta, kalau makan malam itu si training bisa masak sendiri apa gimana???? terus waktu yang dibutuhkan untun sampai di tempat training ke tempat penginapan berpa lama ya ???

    • 30 axafa September 11, 2012 pukul 5:03 pm

      Berdasarkan pengalaman saya di wisma, tidak ada peserta yang masak sendiri, namun seingat saya ada dapur yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk memasak, namun seingat saya dulu di dapur tidak ada kompor ataupun alat masak lainnya. Saran saya lebih baik membeli makan disekitar wisma atau jika ingin hemat sedia pop mie saja, di wisma ada dispenser yang menyediakan air hangat. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat training sekitar 30 – 45 menit biasanya peserta bersama teman2 pergi pagi-pagi untuk menghindari macet.

      • 31 bagus September 14, 2012 pukul 5:48 am

        jadwal kegiatan pendidikan itu di mulai pukul berapa sampai pukul berapa?? apa hari sabtu n hari minggu libur??? yang boleh di lakukan saat libur apa ja ??? thankz infonya???

      • 32 axafa September 14, 2012 pukul 12:27 pm

        Biasanya pagi jam8 sampai jam5 sore tapi kadang selesai jam6 sore. Coffe break 2 kali di pagi & sore, ada camilan kecil berupa kue2 dan minuman (kopi&teh). Siang hari sholat Dzuhur bagi yang muslim & makan siang (juga disediakan gratis).

        Sabtu & minggu libur, boleh jalan2 keluar (ke mall atau apapun itu) asalkan sebelum jam9 malam sudah kembali ke wisma atau bisa dimanfaatkan untuk belajar, sama2 semoga informasinya bermanfaat.

  15. 33 citra madella Oktober 5, 2012 pukul 12:48 pm

    saya baru lulus,belum ada pengalaman kerja.saya ada panggilan d axa mandiri bagian FA.saya lihat tulisan d atas kebanyakan adalah penderitaan menjadi FA,apa gak ada keuntungan menjadi FA…?
    saya juga mau tanya selama training 2bln apa kita di bayar,soalnya kan saat training tidak ada jaminan untuk lulus menjadi FA.

    terimakasih :)

    • 34 axafa Oktober 8, 2012 pukul 1:41 pm

      Tentu ada sisi positifnya & pasti dari pihak AXA sudah menjelaskan, saya disini hanya ingin memberikan sudut pandang yang berbeda, toh keputusan kembali kepada kalian untuk bergabung atau tidak.

      Training 1 bulan, ada uang saku.. namun dibayar setelah penempatan di cabang.

  16. 35 nov Oktober 7, 2012 pukul 1:41 am

    maksudnya membuat video perkenalan diri itu bagaimana?

  17. 37 novi Oktober 11, 2012 pukul 1:38 pm

    kalau mau mundur gimana, sudah ditengah tes

    • 38 axafa Oktober 13, 2012 pukul 4:46 pm

      Jika belum berangkat training kapanpun bisa mundur. Tetapi jika dalam masa training anda ingin mundur, belajarlah dengan giat untuk ujian AAJI.

      • 39 xena November 1, 2012 pukul 12:08 pm

        Saya baru mau ikut training fa..tp gak diminta ijazah asli,hanya fotocopy tetapi yg sudah di legalisir..atau emg nanti stlah training diminta yang asli dan di tahan?

  18. 40 dika Oktober 30, 2012 pukul 9:39 am

    saya mau tanya, kebetulan saya ada panggilan untuk training FA d jakarta…
    saya dapat informasi, katanya dalam training tersebut, pagi calon FA dikasih materi, trus sore gitu tes,..kalau tidak lulus katanya keesokan harinya akan dipulangkan…
    apa benar seperti itu?
    mohon infonya, thank’s

    • 41 axafa November 5, 2012 pukul 6:11 pm

      Kalau tidak lulus biasanya ada kesempatan untuk ujian ulang, jika tetap tidak lulus juga baru dipulangkan. Sejauh ini belum ada kejadian tidak lulus di kesempatan kedua

  19. 42 Novi ARW November 7, 2012 pukul 4:45 am

    tx buat infonya…
    besok ada panggilan buat FA, klo dilihat dari tekanannya kayaknya saya ga kuat deh.. Sooo ga jadi dateng aja deh…

    Btw klo kita mau melamar di axa mandiri tapi sebagai karyawan bukan FA, kirim aplikasi kemana ya? karena saya melamar posisi FA melalui internet, sedangkan saya mau untuk posisi bukan divisi penjualan atau sales.

    Tx

    • 43 axafa November 11, 2012 pukul 3:19 am

      Sejauh ini saya pun belum melihat peluang itu, jadi saya belum bisa memberikan informasi apapun. Jika ada kantor regional AXA Mandiri di kota anda mungkin anda bisa mengirimkan aplikasinya, namun sebelumnya anda tentu harus tahu jabatan apa yang anda lamar.

  20. 44 Sugung November 8, 2012 pukul 9:09 am

    Kalo boleh tahu, training 3 minggu itu dapat materi apa saja yah….

    • 45 axafa November 11, 2012 pukul 3:22 am

      Selama 3 minggu calon financial advisor akan mendapatkan beberapa materi diantaranya :
      – pengenalan asuransi
      – pemahaman tentang pentingnya asuransi
      – bagaimana menjual asuransi
      – bagaimana menjadi financial advisor

  21. 46 Panca (X Batch 30) November 19, 2012 pukul 5:13 am

    Hey There, sesuai dengan permintaan admin, gw coba share ya. Guys, gw x Batch 30 AMFS, Untuk trainning FA di AMFS amat sangat luar biasa, ketegangan dalam hal mempelajari produk kemudian test terakhir (aq lupa namanya) itu bener2 lumayan sadis. Tapi.. pelajaran yang saya ambil, dari pressure seperti itu, FA lebih paham terhadap produk jualan AMFS, ga banyak tanya, ga banyak salah. Alhamdulillah, setelah gw resign, ga ada nasabah2 saya yang complain, semua berjalan mulus, malah mereka berterimakasih karena advice saya dan hubungan masih sangat baik. sekedar info, asuransi lain tidak ada yang “mendidik” spt AMFS, dan asuransi lain banyak sekali fraud. teman2 ga usah ragu, banyak mikir dll, dengan di gembleng dengan keras hasilnya ok koq. Asuransi lain ga banyak yang nikmat kayak gini, kerjasama eksklusif dengan bank, duduk manis, hubungan baik dengan staff cabang, duit ngalir. pada tahun 2006 akhir, case saya masuk sekitar 19 cases, issued semua, premi?? ga main recehan.. duitnya?? cakep punya.. so?? tetep semangat!! pekerjaan itu ga ada yang enak, kecuali qta buka usaha sendiri, perusahaan punya rule, so? ikutin aja, ga usah banyak bantah, nurut sama spoke manager or hub manager, Insya Allah semua cingcay lahh.. staff mandiri pun ga banyak minta koq, lha wong mereka dah tajir. untuk adik2 batch, ga usah anggap pekerjaan kalian ini ga sepadan, gw dah pernah cicipin kerja yang lbh apek sebelum AMFS. nikmatin.. lancar koq nantinya..

  22. 49 Soekma Desember 1, 2012 pukul 8:39 am

    Hai..lm knl..bln nov ini aq jg dinyatakan dterima sbg Insurance relation Advisor di CIMB Niaga..apakah itu sama persis sprti FA??kl kt hrd nya sih tgl follow up calon nasabah aja yang udah 1/2 jadi..tp koq tetep ada targetnya, u/ jadwal training nanti bln des 2012..kira2 gmana menurut para senior FA..gw terima ga ya?koq setelah review sana sini banyak menderitanya….tlg share solusinya…trims.

    • 50 axafa Desember 3, 2012 pukul 2:06 pm

      Hai Soekma,

      Alangkah baiknya jika kamu terlebih dahulu melakukan pendekatan dengan staff cabang dimana kamu nantinya akan ditempatkan/ditugaskan. Yah bisa saja sebelum training kamu mampir ke bank tersebut dan meminta salah satu nomor handphone mereka. Kamu bisa bertanya lebih lanjut bagaimana jobdesk dan tantangannya ketika kamu bekerja di posisi tersebut.

      Jika ada target tentunya akan ada tekanan dari atasan untuk mencapai target tersebut. Dan kembali lagi ke individu masing2, apakah akan menganggap target tersebut sebagai gairah dalam bekerja ataukah sebaliknya, menganggapnya sebagai beban.

      So, menurut saya kamu harus bertanya terlebih dulu kepada diri kamu sendiri, apakah kamu merasa enjoy jika bekerja dengan adanya target? jika tidak saya sarankan untuk mundur sebelum training. Jangan buang2 waktu untuk mencoba pekerjaan yang kamu sendiri tidak yakini.

  23. 51 Jese Siregar Februari 10, 2013 pukul 3:30 am

    Yang gak enaknya dimana sih? trus ada jenjang karirnya gak?

  24. 52 Fitry Februari 21, 2013 pukul 1:21 pm

    ini saya mau tanyakann Kita diJKT Tinggal dimana ??? biaya hiduppp ditanggung sendiri dan apa kita sudah digaji dissat karantina ?

    • 53 axafa Februari 21, 2013 pukul 5:48 pm

      disediakan wisma untuk tempat tinggal, makan siang di tanggung, sarapan & makan malam uang sendiri, saat training tidak ada gaji, sepulangnya dari training barulah uang saku diberikan.

      • 54 rinda April 17, 2013 pukul 5:24 pm

        mas saya tlng infonya dong..apakah AXA MANDIRI sama dengan AXA FINANCIAL INDONESIA (yg rudy_swat28 itu lho)? Kalo dr presentasinya sih salary bisa 7.5jt/bln..beda atau gmn nih?atau hanya scam? kita sbg masyarakat berpendidikan kan mesti cerdas&kritis. Ga main2 bos itu tenaga&pikiran kita yg dpake. Kalo bisa sih ya kita juga untung sbesar2nya ga malah buntung :D. Tolong pencerahannya ya ya, Mas. Makasi banyak sebelumnya :).

      • 55 axafa April 20, 2013 pukul 12:29 pm

        Jika sama2 dibidang asuransi pada prinsipnya tetap sama, hanya saja mungkin tidak bersentuhan langsung dengan Bank Mandiri untuk Financial Advisornya (sales asuransinya)

  25. 56 dew Maret 29, 2013 pukul 3:29 pm

    klo udah dibilang lolos MDU , disuruh ikut trainning awal bulan.. trs mau mundur msh bs apa ga ?

    • 57 axafa April 8, 2013 pukul 1:46 am

      Masih bisa, asalkan belum Training

    • 58 axafa April 8, 2013 pukul 1:48 am

      Untuk itu saya memberikan sudut pandang dan informasi baru, kalo kamu ingin memastikannya, coba tanyakan dengan HRD yang merekrut kamu. Tidak ditanya, mungkin itulah alasan dia tidak menjelaskan, logisnya saja, jika dijelaskan dari awal, kebanyakan pelamar akan berpikir 2x. Saat saya menjalani masa perekrutan juga tidak dijelaskan sama sekali, semua yang saya dengar adalah yang manis2nya saja. Melalui blog ini saya ingin memberikan sudut pandang baru, agar para pelamar kerja lebih matang dalam mengambil keputusan.

  26. 59 Ana April 4, 2013 pukul 6:11 am

    Saya mau nanya yang di test waktu tes kesehatan apa aja?
    N tempat tes nya ditentuin g?

  27. 61 ibad giovanny April 24, 2013 pukul 11:34 am

    apa kah sama financial advisor sma finansial consultant…

    • 62 Minie Siregar79 Mei 23, 2013 pukul 4:12 pm

      Panca (X Batch 30). « Setuju banget Commentx :)
      Aq jg baru aja mau masuk AXA Mandiri di FA, trainingx ntr tgl 10 juni.
      Meski ni akan jd pngalaman pertama di sales tp optimis ‘ BISA ‘
      Pngalaman krja sy ckup bnyk mnjadi Modal sy Buat kedepanx.
      Sbelumx , sy di PT. Indomobil Finance cab Jayapura, lalu di PT Adira Finance,cab Jayapura
      Terahkir di Bank Mandiri,Tbk Cab Jayapura di bagian kredit Analysis…
      Krn ngikut suami ke SBY. Sy coba test di AXA Surabaya. Alhamdulillah, akan training bln dpn.
      Melewati, Test Interview, Psikotest, Teleinterview, Video perkenalan, ttd Kontrak. Dan ready Buat Training :)

      Kita semua dari ga bisa, Itulah Fungsi dari Training. Belajar, diajarkan.
      Pelan2 ahkirnya kita akan bisa. Jgn Temen2 lum apa2 da Takut.
      Belum Perang ajah dah Kalah ..huft…( Itu she Kata Suamiku yg sll men suport, maklum Perwira Marinir _tegasss Bo) heheehe

      » Jangan Minta Gaji Besar kalau belum bisa menunjukkan bhw kita mmg pantas di gaji Besar.

      Klw mmg Rezeki kita baik di AXA, Komisi tiada batas koq.
      Tekanan itu pst sll ada jika kita karyawan atau karyawati,

      Mohon Maaf Kirax ada kata2 aq yg Kurang Berkenan.
      Semoga kita smua bisa sll mndapatkan yg trbaik. Amiiin

  28. 63 Lirm April 30, 2013 pukul 2:41 am

    Mas boleh tau ga? Bonus nya brp? Dihitung per closingan per bulannya ya? Cos temen ku kog ky ny makin subur setelah kerja di axa, (td nya aku jd tertarik sebelum baca blog ini) walaupun pd ahirnya dya resign jg siy.. Tlg dijawab ya thx..


  1. 1 Kerja Sebagai Financial Advisor Juga Punya Target « AXA Mandiri Financial Advisor Lacak balik pada Mei 11, 2012 pukul 4:33 pm
Comments are currently closed.



Disclaimer

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

Kategori


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: