Kendala Financial Advisor di Bank Mandiri

axa mandiri financial advisorTeman, jika kalian menyimak semua tulisan saya dari awal, tentunya kalian akan mendapatkan gambaran yang semakin jelas tentang pekerjaan sebagai Financial Advisor. Pada tulisan sebelumnya pun saya telah memaparkan Pentingnya Staff Cabang Bagi Financial Advisor dan kali ini, saya akan memberikan gambaran kepada kalian beberapa kendala yang biasanya dihadapi Financial Advisor ketika penempatan di cabang-cabang Bank Mandiri ataupun Bank Syariah Mandiri.

Tahukah teman, banyak cerita yang muncul ketika penempatan Financial Advisor (FA), ada FA yang ditempatkan di daerah terpencil, ditempatkan jauh dari rumah atau bahkan ditempatkan di luar kota. Itu adalah sekelumit cerita FA baru yang ditempatkan di cabang yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Dalam hati seorang Financial Advisor mungkin saja terbesit sebuah perasaan bahwa ia hanya ‘menumpang’ di cabang Bank Mandiri, ia hanya dititipkan oleh AXA Mandiri untuk menjual asuransi kepada nasabahnya. Begitu banyak cerita teman-teman FA yang terkadang mendapatkan sambutan yang begitu baik dari cabang ataupun sebaliknya, DIABAIKAN.

Saya uraikan beberapa kendala yang mungkin dihadapi FA baru ketika penempatan.

  1. Ada meja tetapi tidak ada komputernya atau bahkan tidak ada keduanya.
  2. Ada komputer tetapi aplikasi belum terinstal atau hardwarenya (keyboard/ mouse/ monitor/ printer) rusak dan tidak ada teknisi yang bisa membantu.
  3. Formulir, brosur dan kelengkapan yang dibutuhkan belum dikirim dari pusat.
  4. Staff cabang jaim, cuek, sok sibuk bahkan ada yang anti terhadap asuransi.
  5. AC terlalu dingin berada tepat dibawah meja FA.
  6. Kondisi Banking Hall yang terlalu sempit sehingga sulit untuk melakukan pendekatan dengan nasabah.
  7. Nasabah potensial sudah digarap FA sebelumnya.
  8. FA Senior yang ditempatkan bersama dalam satu cabang dengan FA Baru mencoba memonopoli nasabah.

Kendala diatas hanya sebagian kecil dari kendala-kendala yang dihadapi FA di cabang, begitu banyak cerita dari mereka. Tidak jarang dalam satu cabang terdapat lebih dari 1 FA, hal ini justru sering kali menjadi hambatan bagi FA baru untuk mencari nasabah, belum lagi pada minggu-minggu awal FA biasanya baru mencoba beradaptasi dengan lingkungan cabang. Teman, bagaimana perasaan kalian membayangkan kondisi tersebut diatas? jika kalian sejauh ini merasa down / drop / hilang semangat setelah membaca blog ini maka kalian harus mempertimbangkan lagi keputusan untuk bergabung dengan AXA Mandiri, dengan artikel ini saya berharap kalian akan lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai kendala dilapangan sebelum bekerja dan ketika menawarkan asuransi kelak tentunya.




Disclaimer

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

Kategori


%d blogger menyukai ini: