Ketika Financial Advisor Menawarkan Asuransi

financial advisorTeman, tantangan berkarir sebagai Financial Advisor tidak hanya terletak pada Kendala Financial Advisor di Bank Mandiri ketika penempatan, setelah prahara penempatan usai ada hal lain yang juga menuntut kesabaran, keteguhan dan ketegaran yang luar biasa dari dalam diri dan jiwa seorang Financial Advisor, setelah berbagai kendala ketika di penempatan, FA dihadapkan pada sebuah tembok besar dan tinggi yang juga menghalangi karirnya yaitu kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi. Disinilah tantangan sekaligus tugas FA untuk meyakinkan nasabah akan pentingnya asuransi (proteksi/perlindungan) bagi kehidupan yang penuh dengan resiko ataupun ketidakpastian.

Siapa sales paling hebat di Dunia? jawabannya adalah sales asuransi. Menjual asuransi jauh lebih sulit dari pada menjual handphone, motor, mobil ataupun rumah. Ketika sales menjual sebuah mobil ia cukup membawa brosur lengkap berisikan spesifikasi dan gambar mobil, selanjutnya sales dapat menjelaskan kelebihan ataupun keunggulan mobil tersebut, pembeli pun dapat melihat wujud dan mencoba produk yang ditawarkan. Berbeda halnya dengan asuransi, apakah nasabah dapat melihat dan mencoba produknya? kemampuan dalam mengolah kata sangatlah penting dalam menjual asuransi, FA harus bisa meyakinkan nasabah akan manfaat asuransi meskipun dalam prakteknya FA yang pandai berbicara pun masih juga menghadapi penolakan-penolakan dari nasabah.

Beberapa bentuk penolakan yang paling populer sebagai senjata rahasia nasabah ketika FA menawarkan produknya adalah :

  1. Saya masih muda, belum butuh asuransi
  2. Saya pikir-pikir dulu ya
  3. Saya diskusikan sama suami/istri dulu
  4. Saya sudah memiliki asuransi lain
  5. Saya tidak punya uang untuk membayar asuransi

Selain penolakan tidak jarang nasabah menunjukkan secara langsung ketika ia merasa terganggu dengan kehadiran FA menawarkan produk asuransi kepadanya, dalam kasus ini Financial Advisor tidak akan bisa berbuat banyak. Teman, jika kalian tidak memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang lain dan jika kalian tidak terbiasa menghadapi penolakan maka bisa dipastikan pekerjaan sebagai Financial Advisor bukanlah pilihan yang tepat bagi kalian. Apabila kalian telah membaca seluruh isi blog ini dari awal dan tetap yakin akan keputusan kalian untuk bergabung dengan AXA Mandiri, saya rasa kalian akan menjadi FA yang sukses dalam waktu kurang dari 1 tahun. FA harus tahan banting, FA yang sukses adalah FA yang sudah putus urat malunya, ia tidak perduli ketika menghadapi penolakan, ia bermental baja yang dapat menghancurkan setinggi dan sebesar apapun tembok penghalang yang ada di depannya. Tanpa keteguhan yang kuat maka kalian hanya akan menjadi Financial Advisor yang Menderita.




Disclaimer

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

Kategori


%d blogger menyukai ini: