FA Dipotong Gaji & Kena Denda

Setiap tanggal 25 FA menerima gajinya, ada yang menerima 100% gaji, ada yang hanya menerima 80% gajinya karena tidak mencapai target. Karena sulitnya mencapai target FA sudah bisa memperkirakan berapa gaji yang akan diterimanya diakhir bulan. Namun semua itu belum termasuk denda yang disepakati oleh FA dan Area Sales Manager (ASM). Ada sebagian ASM yang membuat peraturan sendiri, “denda 100 ribu bagi FA yang zero production” maka yang terjadi FA bagaikan jatuh tertimpa tangga. Segala peraturan yang dibuat oleh ASM harus dilakukan oleh FA, jika tidak maka DENDA bagaikan sebuah ancaman menakutkan bagi FA. Jika tidak closing DENDA jika tidak ikut MEETING denda dan lain sebagainya..

Teman, yang saya ceritakan diatas adalah sebagian kecil fakta dilapangan atas apa yang FA alami, tujuan saya agar kalian tidak kaget lagi ketika bergabung bersama kami. Siap menjadi Financial Advisor yang mendapatkan gaji full? bahkan bonus mungkin, siapa yang tahu!

UPDATE : Cerita pengunjung blog yang juga seorang Financial Advisor AXA Mandiri. Identitas tidak ditampilkan.

Aku batch 103 dr region 3. Bulan pertama deploy (penempatan) sih ga MPS (tidak mencapai target) tp dibulan ke 2 dan 3 kemarin MPS dengan varcom (bonus) 4-5 Juta.

Tapi dibulan ini aku kembali zero production karena sudah patah semangat. Kebijakan manajemen baru sangat kejam yang mengahruskan sales clinic (semacam konsultasi) ke pusat AXA tower kuningan setiap team tidak capai target.

Apalagi jika tidak validasi akan didenda sebesar 500ribu.
Tidak hadir ke axa tower didenda 100-250 ribu.
Rasanya sudah tak kuat dengan kebijakan-kebijakannya

Komentar saya : Mungkin sebagian dari kalian merasa kaget dengan kebijakan tersebut, namun bagi FA itu merupakan hal yang biasa. Tiap ASM beda kebijakan, beda juga besaran denda yang disepakati.

Disinilah terkadang kekecewaan FA dirasakan bertubi-tubi. Pada saat proses rekrutmen, FA tidak tahu akan ada kewajiban untuk sales clinic, FA tidak tahu akan adanya denda, FA tidak tahu harus meeting hingga larut malam, semua kekecewaan tersebut mendorong FA untuk menyerah atau mengundurkan diri & mau tidak mau menanggung pinalti / denda sebesar USD 1000. Bagaimana teman, melalui blog ini saya sampaikan semua fakta pekerjaan sebagai Financial Advisor secara gamblang. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian & minimal jika kalian memutuskan untuk tetap bergabung tentunya kalian sudah sadar betul dan mengetahui segala resikonya. Jika kalian sudah yakin, mari melangkah ke AXA Mandiri.

15 Responses to “FA Dipotong Gaji & Kena Denda”


  1. 1 neny sumanti Agustus 1, 2012 pukul 4:56 am

    ya saran dari saya cari pekerjaan lain yang lebih layak..
    Perkenal kan saya Neny Sumanti.. saya bukan asli warga Banda Aceh tetapi saya sudah 15 tahun tinggal di Lambhuk Banda aceh,

    sedikit pertanyaan dari saya :

    Apakah pruduk axa mandiri syariah yang ada di Bank Syariah Mandiri sama dengan yang ada di bank mandiri?

    Apakah axa mandiri syariah merupakan produk dari bank mandiri syariah dan di jamin LPS?

    • 2 axafa Agustus 1, 2012 pukul 12:58 pm

      Sebelumnya saya mohon maaf sebagian dari komentar anda harus saya hapus karena seperti yang sudah saya jelaskan di halaman ‘tentang blog’ bahwa blog ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pekerjaan sebagai Financial Advisor BUKAN tempat KOMPLAIN NASABAH AXA Mandiri.

      Produk AXA Mandiri konvensional jelas berbeda dengan AXA Mandiri Syariah, coba anda searching kembali melalui google beda produk asuransi konvensional / umum dan asuransi syariah.

  2. 3 Dian Agustus 2, 2012 pukul 6:44 am

    axa mandiri syariah sama dengan axa mandiri konvensional hanya berbda dr segi penanaman modalnya saja yg dtempatkan disaham2 syariah..
    begitupula dg proses debetnya dlakukan dari rekening bsm bukan dr rek mandiri…
    semoga brmanfaaat

  3. 5 citra madella Oktober 5, 2012 pukul 1:17 pm

    gaji FA berapa,jika hanya sktr 2jt dan jika tdk target maka hanya 1.600jt blm potngn n denda mngkn brkisar 250rbu,brrti bisa2 kita hanya terima bersih 1.350😥

    biasa ny kontrak FA brpa lama ?

    • 6 axafa Oktober 8, 2012 pukul 1:43 pm

      Sekitar 2 juta lebih, kontrak 1 tahun.. ijazah ditahan, jika berhenti sebelum 1 tahun maka FA harus membayar denda sebesar biaya training atau sekitar USD 1000

  4. 7 Tyas Aditya November 15, 2012 pukul 12:04 am

    Mas bro, kebetulan sekarang ini saya dapat panggilan kerja di Axa Mandiri sebagai FA..
    apa benar kontrak setahun dan ijazah harus ditahan?
    serta apa benar denda USD 1000 jika FA berhenti sebelum 1 tahun..?
    berarti semua peraturan denda di atas tertulis hitam diatas putih (materai)..?

    karena saya dijanjikan basic salary yg lumayan, dan bonus di atas 5 juta/bln
    jadi ragu setelah baca2 blog nya😦

    • 8 axafa November 18, 2012 pukul 3:44 am

      Apa benar kontrak setahun dan ijazah harus ditahan?
      Jwb : Benar

      Serta apa benar denda USD 1000 jika FA berhenti sebelum 1 tahun..?
      Jwb : Benar

      Berarti semua peraturan denda di atas tertulis hitam diatas putih (materai)..?
      Jwb : Ya, saat Calon FA tanda tangan kontrak, BACA isi kontrak, semua tertulis dengan JELAS.

      Jadi ragu setelah baca2 blog nya
      Jwb : Tidak perlu ragu, justru dengan tahu semuanya seharusnya anda menjadi lebih yakin dalam mengambil keputusan

  5. 9 peha Maret 7, 2013 pukul 2:48 pm

    Saya ada panggilan interview sbg FA di axa juga, awalnya saya buka blog ini niatnya untuk belajar dan mengetahui axa lebih jauh agar di interview nanti saya punya pegangan pengetahuan. Tapi setelah saya buka blog ini, WOW.. Terkejut bgt dan rasanya langsung mengurungkan niat untuk pergi interview besok pagi.

    Masa ada ya perusahaan yg berani mempekerjakan karyawannya dengan ancaman gaji dipotong. Biasanya perusahaan memotong gaji karyawannya karna kesalahan fatal yg dilakukan oleh karyawannya itu. Apalagi kalau tidak mencapai target trus gaji qta dipotong, yg bikin ketawa itu gak ikut rapat aja gaji dipotong, sungguh kejamnya..

    Saya punya teman yg kerja di axa sbg FA juga, penjelasannya sama persis yg ditulis di blog ini,hihiii.. Waah makasih lohh penulisnya.. Tapi kamu gak takut yaah klo suatu saat pihak terkait membaca tulisan kamu ini? Hmmmm…..

    • 10 axafa April 8, 2013 pukul 2:02 am

      Kalau apa yang diceritakan teman kamu yang juga seorang FA sama persis dengan apa yang saya tulis di blog ini, berarti ini suatu kebenaran & saya tidak mengada2.

      Mengapa saya membuat blog ini? saya hanya ingin memberikan sudut pandang yang berbeda dari pekerjaan ini, karena dulu ketika proses rekrutmen saya hanya diberitahu yang manis2nya saja, giliran yang pahitnya saya tidak diberitahu… alasannya??? karena saya tidak bertanya. Dengan blog ini, saya harap para pencari kerja lebih aktif bertanya untuk memastikan apakah informasi yang saya berikan di blog ini benar atau hanya mengada2.

      Demi kebaikan perusahaan AXA Mandiri itu sendiri, banyak FA yang kabur karena tidak siap mental bekerja di AXA, jika seorang calon FA mengetahui semua kenyataanya tentang pekerjaan FA & ternyata ia memutuskan untuk terus maju dan bergabung berarti ia sudah siap mental & saya yakin 100% ia akan menjadi FA yang berhasil.

      Blog ini kesannya memang tidak berimbang, hanya menceritakan sisi negatifnya saja. Tapi saya menyediakan 1 halaman khusus bagi FA / mantan FA yang mau sharring pengalaman, pengalaman baik / suskses juga ada kok disana. Lagian, semua hal-hal manis berkarir di FA pastinya sudah disampaikan perekrut kepada calon pelamar, jadi saya disini hanya ingin memberikan informasi lain yang kebanyakan perekrut tidak memberikannya.

  6. 11 dew Maret 29, 2013 pukul 4:03 pm

    tapi knp HRD ga bilang soal penahanan ijazah pas lolos seleksi interview & MDU ??

  7. 13 Icha Mei 16, 2013 pukul 6:04 am

    Untuk tahun ini tidak ad penahanan ijazah. Dan untk transportasi yg training 3 minggu itu disediakan dr axa. Kmrn saat sy brtanya dpt jwbn sperti itu. Kbtulan sblum dtg ke axa tower sy menemukan blog ini n jd dpt gambaran. Thx yaa


  1. 1 Tidak Capai Target, Gaji Financial Advisor Dipotong « AXA Mandiri Financial Advisor Lacak balik pada Agustus 1, 2012 pukul 3:05 pm
Comments are currently closed.



Disclaimer

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

Kategori


