“Ini Ceritaku, Apa Ceritamu”. Halaman ini dibuat khusus untuk Financial Advisor yang ingin berbagi pengalamannya bekerja sebagai FA melalui cerita. Siapapun kalian, baik FA Senior, FA Baru, FA gagal, FA sukses ataupun mantan FA.

Ceritakan pengalaman kalian melalui kolom komentar dibawah ini agar teman-teman pencari kerja dapat menentukan apakah Financial Advisor adalah pilihan karir yang tepat. Tunggu apa lagi, ayo rangkai kalimatmu!

Catatan : Awali ceritamu dengan memperkenalkan diri minimal dari batch berapa.

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

(OPPSS!!! KOMENTAR SAAT INI TELAH DITUTUP, HARAP BACA SEMUA KOMENTAR MASUK DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI TAMBAHAN)

> HAPUS BLOG <

29 Responses to “Ini Ceritaku, Apa Ceritamu?”


  1. 1 yara Agustus 16, 2012 pukul 10:36 am

    Batch 106

    Gw yang masih dibilang daun muda, segar, dan ibarat bunga baru bakal mekar makarnya. tapi sekarang gw udah punya kantung mata di kedua mata gw, semakin hari semakin kurus. karena apa “dihantui target dan omelan”.

    Jujur, sebenarnya gw masih terbilang baru, banyak FA senior gw yang sudah 1 tahun dan bahkan 4 tahun menjadi FA di AXA Mandiri. mereka gemuk, sehat dan masih hidup sampai sekarang. gw sempat berpikir heran apa yang buat mereka bertahan jadi FA. jujur gw pribadi yang baru satu bulan 17 hari rasanya udah mau gantung diri aja, setiap hari harus berhadapan dg ASM dan RSM g***!

    Sumpah ini hari-hari paling berat dalam hidup gw. lebih berat dari pengalaman hidup gw yg ngalamin KDRT sama ibu tiri. Sumpah gw hidup keras, hidup gw kek org pada umumnya, tapi gw happy-happy aja. Bbener gw ngerasa jadi FA berat banget, paling berat dalam riwayat hidup gw. Kalau bisa jgn ada yang ngerasain kek gw.

    • 2 axafa Agustus 16, 2012 pukul 5:39 pm

      Terima kasih sudah berkenan berbagi cerita. Btw batch 106 ada berapa CFA ya? & sebelum gabung berkarir di AXA apakah kamu berusah untuk searching informasi tentang FA di internet?

  2. 3 Muklis Hasan September 11, 2012 pukul 5:47 pm

    Dear Guys,
    Assalamu’alaikum wr, wb. Salam Sejahtera. Saya satu Bacth ama mbak Dian (Padang-sumbar, kalo saya tidak salah) Bacth 99 Integrity (Syariah). saya sependapat dengan dian.. Dari pertama Deploy saya tidak pernah tidak Validasi, Syukur Alhamdulillah saya Varcoman terus dan dapat juga Bonus tiga bulanan.. sampai dengan15 april 2012 sms banking BSM saya masih bunyi dan Alhamdulillah lagi-lagi saya dapat Bonus. Di luar gaji poko Rp. 2.700.000,-

    Baru pada 20 April 2012 saya sdh merasa ada kejanggalan di AXA Mandiri
    berawal dari hari I saya di pindahin ASM dari HUB ke cabang yang agak kecil tp masi status KC. Pagi saya masuk kantor jam 11 langsung datang ibu2 setengah baya menanyakan kejelasan FA lama yang di promosikan jadi ASM DI BATAM, ternyata si ibu masuk tabungan MRSS jumbo 100 juta/tahun full RBP dan tanpa cuti premi di tahun ketiga (yang dia tahu Investasi sekali setor 100 juta) si ibu bingung bagaimana nasip uang 100 jutanya mau cek di mana, tanpa ada print out di buku rekening (mmg tidak bisa di lihatkan berapa sisa uang? kecuali telp helpline).. krn slm 4 bulan terakhir telp dan sms ke FA yang bersangkutan tdk pernah terjawab.

    Dari komplain itu ada banyak lagi kompalin nasabah saya sendiri yang tidak sanggup membayar premi maka Polis RIP dan uang hangus. saya mulai sadar ternyata gaji dan bonus seorang Financial Advisor dari uang Nasabah.. Subhanallah….!! Start mei sampai sekarang saya tidak mau produksi lagi karna saya merasa menipu nasabah!! Memang kalau kita simak perkataan ASM pekerjaan kita pekerjaan mulia Guys, karna kita membantu merencanakn keuangan nasabah. tapi upah/gaji yang kita terima semua dari nasabah.

    Saya juga yakin anda-anda akan sukses di sini (AXA MANDIRI) tapi tidak dengan saya.

    sekian dan terima kasih

  3. 4 Mia September 22, 2012 pukul 1:37 am

    Berdasarkan request, gue mau ikutan cerita ah di sini…

    Ceritanya kemaren gue kena sales clinic di pusat bersama Mrs. Keti tepatnya di ruang halmahera. Awal-awal emank gue stress berat kerja di sini, tapi gue gak akan keluar dulu sebelum bikin bos2 gue stres..hahaha.. Ermm..gue si gak sampe ngeNOLin produksi, kalo produksi mah ada aja Alhamdulillah, karna diantara orang yang merasa trauma dengan asuransi, masih ada beberapa orang yang pengen ikut asuransi dengan kesadarannya..Nah, yang beginian yang jadi santapan gue, cuma ya gitu asal buat nyelametin muka aja, biar telor pecah.

    Bulan kemaren gue pernah bikin bos gue sampe pusing tujuh keliling ngadepin gue, di telpon gak diangkat, BBM gue matiin, hape ilang gue gak ngabarin, telpon ke kantor orang operatornya bilang gue lagi ada nasabah, di suruh dateng ke pusat gue selalu punya alesan entah itu gue bilang gue masuk rumah sakitlah (beneran ini mah), jadi pager ayu lah, mau ke luar kota bareng keluargalah.. banyaklah, malah kadang gak ngasih alesan.. Sampe suatu saat gue kena SP, padahal seharusnya berdasarkan aturan yang kena SP tu yang gak validasi selama 3 bulan, sementara gue, gue kan MPS bulan itu. Nah, di situ gue baru muncul.. tapi gue cukup puas dengan kemangkiran gue.

    Gue mah sekalipun mangkir, tapi masih mikir2, gimana caranya biar setaun ini gue gak dipecat, karna kalo dipecat bakal kena denda lagi 10 juta. Wilayah gue kejam gan, kalo kita gak achieve target 2 kali 2 bulan berturut2, kita di suruh resign dan denda 10 juta, kalo kita dipecat pun kita disuruh bikin surat resign dan denda 10 juta untuk mendapatkan kembali ijazah. Sayang kan bukti otentik gue kuliah selama setaun harus dimusiumkan di AXA?

    So, pesen buat temen2 FA, kalo ASM ato RSM ngomong, iyain aja, biar seneng…

    Nih yah contoh dialog gue dengan RSM semalem:

    RSM: Mia menurut kamu pekerjaan ini berharga tidak?
    Gue : Berharga bu
    RSM : kalau berharga kenapa kamu tidak berusaha mempertahankan dengan cara berproduksi sebanyak2nya]
    Gue: Kalau tidak berharga bu, saya tidak akan bersusah payah ke sini datang memenuhi panggilan ibu. Saya datang ke sini karna saya masih menghargai pekerjaan saya, dan saya sangat menghargai ibu sebagai atasan saya
    Contoh lain,
    ASM : Mia saya gak mau tau bulan ini kamu harus mendapatkan nasabah dengan klosingan 1M
    Gue : Iya bu saya usahakan (padahal dalam hati mah gue bilang, “Gila nasabah yang punya duit 1M di BSM bisa diitung jarii”)

    Jadi, gue mah iyain aja..ketika ditagih janjinya, gue selalu bilang, saya sudah berusaha bu, dan gue selalu melibatkan ASM gue ketika gue mau menemui nasabah2 jumbo. So, gue cuma pengen liat aja, ASM gue bisa klosingin nasabah gue apa nggak. #nakal Udah kepanjangan nih, gak berasa #garukgaruksenyum

    • 5 axafa September 23, 2012 pukul 5:03 pm

      Hai Mia, terima kasih sudah berbagi disini.. Ceritanya begitu unik dan lucu, semoga bisa memberikan informasi ataupun gambaran bagi pengunjung yang ingin bergabung menjadi FA.

      Mia, masih ingat masa-masa di Akademi? tentunya kamu masih ingat wajah-wajah trainer kamu? ada yang galak dan ada juga yang lucu. Namun bukan itu yang ingin saya tanyakan. Pertanyaannya, apakah kamu merasakan perbedaan saat training dengan pada saat penempatan di bank? kami teman-teman satu batch dulu merasakan hal tersebut, kami shock ketika pertama kali penempatan, namun saat ini kamu sudah terbiasa dengan pola kerja kami masing-masing.

      Jika berkenan, saya tunggu cerita kamu tentang pengalaman semasa training dan bedanya dengan saat penempatan di bank😉 masih ingat istilah dancing? apakah kamu rajin untuk dancing in the banking hall setiap hari?

      • 6 Panca (X Batch 30) November 19, 2012 pukul 5:42 am

        masalah dancin’ in the hall?? wiiihhh itu yang mantabb.. dl, spoke manager gw, hampir sebulan nyuekin, ga d kasih leads, ga di bantu sama sekali.. terus gw di kasih bocoran sama salah satu staff bahwa si ibu (spoke manager) suka sama FA yang aktif dan nawarin jualannya ke nasabah2 yg datang. akhirnya, ogut coba lah..closing cuma 3 dalam waktu 2 hari. dan saya perhatiin CCTV d banking hall ngikutin geraknya saya. artinya diam2 saya di pantau neh. nah. masuk minggu terakhir d akhir bulan. spoke manager mulai bergerak tuh. semua brosur TRM (tabungan rencana mandiri) di tarik, dmasukin sama brosur AMFS, jualan fokus atas bawah (reguler n prioritas) garap MDS (Mandiri Dana Sejahtera), MIS dan MSS.

        singkat cerita, panen premi, panen varcom. walau achievement cabang hanya kuning. tapi kami semua bersyukur, karena saya masuk per maret 2006 dan efektif nguber targer per Mei. Pun Begitu bisa ngejar achievement FA2 senior saya dulu yang jago2 jualan.

  4. 7 Panca Reza Mirzansyah Oktober 30, 2012 pukul 4:46 am

    Panca Reza (x Batch 30)

    Hey guys, seneng banget liat komen2 kalian.. saya cuma mo share aja ke kalian, saya sama kalian kurang lebih sama. Dulu saya amat sangat tidak suka dengan bidang asuransi. Apalagi kalo yang namanya disuruh jualan. Disamping basic S 1 ga nyambung, juga males bgt jualan asuransi.

    Tapi, kenyataan bicara lain, saya gabung d AMFS tahun 2006 – 2008. Pada masa itu masa sulit dimana bos2 besar Mandiri sepakat ga kasih leads kalau saham sebesar 51% ga di kasih ke mandiri. tapi.. selama kerja di sana, saya punya kesan yang indah dengan cabang gw dl di iskandarsyah. dengan staff cabang saya di ajak kebali, spoke managernya asik, staffnya kekeluargaan bgt dll, begitu pun waktu saya mutasi ke cabang BEJ.

    Hikmah yg saya ambil adalah, banyak perusahaan yang siap menampung jebolan AMFS, kerja keras, komitmen n tempaan waktu di AMFS bikin jadi modal utama kerja dimanapun. jadi, jangan patah arang guys. ga usah liat status kekaryawanan dll. beberapa jebolan AMFS saat ini banyak yg kerja di citibank, bank niaga, dll. saya sendiri setelah d AMFS masuk bank mega sebagai area coordinator sumatera selama 2 tahun. dan setelah itu, saya sebagai kepala biro di perusahaan advertising d sby yang berpusat di jakarta.

    Kunci keberhasilan kalian kalau mau sukses, ga usah dengerin apa kata orang, tapi fokus apa yang menjadi tujuan kalian. Di AMFS amat sangat asik untuk cari duit, dan amat sangat mudah untuk closing. coba bandingin sama asuransi lain yang tidak ada kerjasama eksklusif dengan perbankan. sangat sulit utk closing. btw, tetep semangat guys.

  5. 10 Didi November 9, 2012 pukul 4:39 am

    ada yang punya info nda mngenai pngembalian ijazah utk FA yang sudah resign tp blm ckup 1 tahun?

    Aku sdh resign bulan kmrn, tp blum ckup 1 thun..

    • 11 axafa November 11, 2012 pukul 3:26 am

      Ada formulir pengambilan ijazah, kemudian datang ke AXA Tower Jakarta untuk pengambilan ijazahnya. Surat yang dulu pernah kamu isi ketika penyerahan ijazah juga harap dibawa.

      • 12 gita November 20, 2012 pukul 4:11 pm

        Kalau baru sebulan trus mau resign gimana donk.??:(

      • 13 axafa November 25, 2012 pukul 12:13 pm

        coba konsultasikan dulu dengan ASM kamu😀

      • 14 Didi Desember 1, 2012 pukul 7:42 am

        Dear Gita,

        smua tergantung kamu mau resign atau autoterminasi. Setiap pilihan punya konsekuensi masing-masing. Kalo resign konsekuensinya ya untuk ngambil ijazah harus bayar pinalty dulu. Karena kita mengakhiri perjanjian/kontrak sebelum 1 tahun. Tapi waktu kamu masuk masih ada penahanan ijazah atau tidak? info terakhir yang aku dengar, FA yang sekarang sudah tidak ditahan lagi ijazahnya. Jadi kalo mau resign lebih enak di hati, nda perlu mikir pinalty😀 Kalo ASM kamu memang baik, ajak konsultasi lah, tapi kalo sebaliknya mending jangan.

        Berdasarkan perjanjian, harusnya kita sudah diautoterminasi kalo berturut-turut selama 3 bulan tidak mencapai validasi. Tapi kenyataan di lapangan tidak secepat itu. Sengaja Zero Production juga nda enak sama cabang. Jadi kebanyakan teman yang memilih kabur, sampai akhirnya status mereka autoterminasi.

        Jadi semua kembali ke kamu, berani ngambil opsi yang mana🙂

      • 15 axafa Desember 3, 2012 pukul 2:00 pm

        Terima kasih didi sudah berbagi disini🙂 di tunggu cerita2 unik kamu yang lainnya.

  6. 16 Didi November 15, 2012 pukul 4:50 pm

    ok.. Thanks infonya..🙂

    Smoga teman2 lain yg mgkn ingin mngetahui detail mngenai pkerjaan ini ataupun yang sdang dalam tahap seleksi bisa baca blog ini. Jadi ada gambaran. Sesuai dengan prinsip kerjanya atau tidak? Kira2 bisa komitmen survive atau tdk? Jadi kalo nanti keterima, kerjanya bisa sungguh2, nda stengah2, krn sblumnya sudah tau kondisi.

    • 17 axafa November 18, 2012 pukul 3:38 am

      Sama2 Didi, btw bagi2 cerita donk gimana pengalaman kamu kerja selama ini sebagai Financial Advisor.

      Kalo kamu merasa pekerjaan ini bisa buat kamu sukses, apa salahnya kamu berbagi kepada para pencari kerja lain yang sedang mencari informasi tentang pekerjaan FA.

      Atau kalo kamu merasa sebaliknya, saya harap kamu bisa menceritakan semuanya sesuai dengan pengalaman dan sudut pandang kamu, dengan sumbangan cerita yang kamu posting saya harap akan memberikan banyak kontribusi dan masukan terhadap pengunjung blog ini.

      Blog ini isinya hanya 25 posting.. tapi pengunjungnya diatas 100 per hari, berarti cukup banyak orang yang mencari tahu tentang pekerjaan FA, sama seperti saya dulu yang mencari info tentang FA di Internet tapi saya tidak mendapatkan informasi yang mendalam dan detail, untuk itu saya sengaja membuat blog ini untuk berbagi informasi kepada para pencari kerja agar mereka bisa berfikir lebih matang dalam mengambil keputusan.

      Saya tunggu cerita versi kamu di halaman “Ini ceritaku, apa ceritamu”.

  7. 18 Ita Desember 10, 2012 pukul 8:42 am

    Ada yg punya info lanjut mengenai pengembalian ijazah via kurir.
    Karena saya sudah mengirimkan form permohonan pengembalian ijazah via pos 2 minggu lalu ke AXA tower dan tidak ada respon saya telpon ke pusat pun tidak diangkat.
    sudah 1 Tahun lebih Ijazah saya di AXAMandiri.Tks

  8. 19 temmy Januari 27, 2013 pukul 10:58 pm

    hallo mba n abang2 smua..boleh nanya ga ni? kalo kita resign tp sblm transferan “KOKOM” (varcom)msh dapat ga ya? misalny resign tgl 30 ni,msh dapat ga? kan kokom trima tgl 15 ? trims

  9. 22 vya Maret 22, 2013 pukul 7:38 am

    halooooo..
    gw vya…gw FA sejak juli 2011..
    hmmmm..awalnya iseng..gak ada kerjaan di meja,trs ada modem,trs buka google..tulislah “komentar nasabah axa mandiri”..gw buka satu per satu..sampai akhirnya nemuin blog ini..
    sembari ngeRAMS,gw baca2 deh ttg blog ini (makin seru)….dan akirnya gw mutusin ikutan share dsini…
    mungkin nasib gw sama kaya FA2 lain yg komentar dsini…awalnya gw dateng ko jobfair di sensy (emg niat pgn cari kerjaan baru)…
    sampai tibalah gw di stan AXA MANDIRI (gw awalnya g tau,,apa tu axa mandiri..yg gw tau yaa bank mandirinya itu)..sambil liat2,akhirnya mba2 nyamperin gw,,dya nanya basicnya apa? dan gw jwb “saya pernah jadi CS”
    kemudian dya jawab lagi…ohhh ini juga lowongan cs kok,masukinlah cv kesitu…
    prosesnyaa cepat..secepat kilat petir yang menggelegar..gw ditlpn suruh interview awal..bat bet bat bet,,sampailah pada TRAINING!!!!!!
    nah dsinilah,,mulai kebongkar smw,dan gw merasa ditipu!yg awalnya gw pikir akan jadi cs,,ternyata jadi SALES ASURANSI..ohh GOD!!!!
    udh kepalang nyemplung,,basahh,,ywdh sekaliaann…
    sampai akhirnya gw ditrempatin di cabang C*..
    hmmm…asm gw cuek,,jd mgkn g terlalu kerasa bgt tekanannnya…
    bulan demi bulan…sampaio akhirnya tahun demi tahun berganti,,daan gw mulai menua di axa mandiri dan di cabang C* INI..
    asm yang selalu banyak maunya,asm yg sll g bersyukur,,itulah yg gw rasain di team gw skrg ini!!!
    kerjaan FA = menghujat asm taip detik menit dan jam!
    tapi emg bener2 keterlaluan bgt si tu asm..gw juga bingung,kok ada org yg g punya otak n hati kaya gt yaaaaa..
    kita closing 2cc aja dimaki2..ajegilee!!!!
    bahkan kita dipaksa buat “REPORT BODONG” hellooooooowwwwwwwwww.
    trs ada 1 hal y
    lg yg buat gw naik pitam ama asm gw..dya yg selalu berkowar kowar g pernah dpt varcomm,,,tp pas kmrn gw smpt g sengaja liat data varpay asm…anjrittt,,,asnm gw diong varcom PULUHAN JUTA cui!!!
    semakin g terima gw (disaat kita terima varcom g sesuai dg perhitungan)…
    capeeee jugaa ne gw nulis ini (maklum nulisnya ama emosi yg membara bara)
    sooo…saran deh…mending cepet2 hengkangg ajaa cuuiii..gak jadi fa juga kita g bakalan mati kan????
    TENTUKAN & PUTUSKAN PILIHANMU DR SEKARANG TEMANS!!!!

    • 23 axafa April 8, 2013 pukul 1:45 am

      Terima kasih atas sharringnya Vya, sungguh memberikan sudut pandang baru dari pekerjaan FA. Kami tunggu sharringmu yang lain, baik itu pengalaman selama masa training ataupun pengalaman ketika diawal penempatan.

  10. 24 kiki April 24, 2013 pukul 4:45 am

    mohon info lebih lanjut nie, besok saya dapet panggilan interview di AXA Mandiri. masih bimbang dan ragu sih untuk dateng atau tidak, karena setelah baca share yang sebelum sebelum nya, ko ada penahanan ijazah yaa??? Emm, makain males deh dateng nya.

  11. 26 Satriani Mei 3, 2013 pukul 2:20 pm

    Saya ucapkan terima kasih yang begitu besar untuk penulis..
    Saya putuskan untuk tidak mencoba kerja di dunia asuransi..
    Dari awal sampai akhir udah saya baca semua tulisan di blog ini..
    Berkat blog ini sy terselamatkan dari ancaman mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan dalam bekerja sebagai financial advisor axa mandiri..
    Thank u so much…
    Lanjut terus ya blognya…

  12. 27 Aprilian Kasih Mei 6, 2013 pukul 4:18 am

    semangat pagi !!!

    hhahhahahah tertawa bacanya
    smua itu balik pada diri masing-masing

    cabang dimana saya dtempatkan tdk pernah ada yg jago jualan atau hobby ngelead , dan sll dpindah untuk back up fa yg zero , kbyang harus adaptasinya , cuma dsukuri aja slama dnikmati dan dsyukuri gak berat2 amat kok , liat positifnya , pintu rejeki datang lewat pertemuan kita dg nasabah , nasabah ga musti closing bisa jadi ngbril malah buka pluang kbaikan yang lain lewat share2nya , punya banyak sodara dan lain2 , klo masalah asm n dll nya anggap aja orang yang tidak pnya tuhan , yang tidak tahu bagaimana bersyukur makanya kerjaannya gt mencak2 muluu ya klo ga cepet tua ya cepet matiii , ga mauu kan ketularan kaya gitu jadi abaikan saja , klo harus dpencat artinya kita masih dselamatkan sama Allah untuk dapat pekerjaan yang lebih baikk , klo ternyata kita sukses dsana brarti memang jalan kita untuk terus berkembang dan berbagi seblum kita dapet yang lebih baik lagi🙂

  13. 28 mikezzzz Mei 23, 2013 pukul 5:08 pm

    Perkenalkan saya MikEZzZZ
    Saya jebolan batch 93 AXA Mandiri

    Mau share pengalaman jadi seorang FA selama kurang lebih 1 tahun 8 bulan kemarin.
    Awalnya cuma sekedar iseng nyari kerjaan pasca gw resign dari kantor sebelumnya.

    Pas udah lewat interview sampai tahap seleksi akhir. Gw diterima sampai penempatan pertama kali di area elite di jakarta selatan.
    Cukup berliku perjuangan awal2 menjadi FA untuk dapat mencapai target. Sampai pertama kali gw berhasil tembus varcom berturut2 3 bulan setelah kerja selama 6 bulan pertama.
    After that,setelah berkenalan dengan teman seorang independent FP.gwpun merasa tersadar melakukan banyak kesalahan.

    Produk MRS yang dijual dan dipush terus oleh perusahaan ternyata banyak merugikan nasabah. Menyadari hal itu,produksi gw menurun drastis sampai harus ribut dan kena sales clinic bahkan sampe SP 2.
    Singkatnya,gw sampai turn off sampai gw benar2 menghilang. Bikin kesel ASM gw hingga hampir,terminasi.
    But well,akhirnya gw memutuskan resign baik2 dan alhamdulillah sekarang sudah bekerja di tempat yang sudah sesuai passion. Yang penting,kerjaan sekarang tak akan ada beban di hati mengingat uang nasabah ilang akibat produk salah jual ini.
    Goodbye unitlink,goodbye FA and goodbye AXA


Comments are currently closed.



Disclaimer

Blog ini dibuat pada bulan mei tahun 2012. Segala informasi dalam blog ini berdasarkan kondisi dan situasi pada bulan dan tahun tersebut. Perbedaan informasi dikemudian hari sangatlah mungkin terjadi. Untuk itu pembaca diharapkan untuk memastikan kembali informasi yang didapat dari blog ini.

Kategori


%d blogger menyukai ini: